Senin, 22 November 2010

Aceh Job Fair Sediakan 1.000 Lowongan Kerja * (Diikuti 25 Perusahaan Nasional)

BANDA ACEH - Tidak kurang dari 25 perusahaan nasional akan berpartisipasi dalam kegiatan Aceh Job Fair (bursa kerja) 2010. Diperkirakan lowongan kerja yang akan dibuka mencapai seribuan lebih. Acara kegiatan berlangsung di IT Learning Center Banda Aceh, berlangsung selama tiga hari, Rabu hingga Jumat (24-26/11).

“Aceh Job Fair 2010 menawarkan lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan dengan rentang kualifikasi SMA, SMK, D3 dan S1. Calon pekerja cukup datang dan membawa daftar riwayat hidup, tidak ada pungutan biaya apa pun,” kata Ketua Panitia, Poppy Amalia, dalam siaran persnya kepada Serambi, Minggu (21/11).

Selain perusahaan-perusahaan ‘raksasa’ nasional, sebut Poppy, acara juga akan diikuti kalangan perbankan yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), sejumlah universitas dan lembaga pendidikan, maskapai penerbangan, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan juga Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi).

Poppy memperkirakan bursa lowongan kerja ini akan diikuti sekira 2.000 pencari kerja dari seluruh Aceh. Ia sendiri menargetkan 20 hingga 25 persen peserta yang hadir akan mengisi posisi-posisi yang sudah disediakan perusahaan-perusahaan peserta bursa kerja tersebut. Peserta juga akan mendapatkan workshop softskill gratis seputar peningkatan sumber daya manusia, termasuk pembenahan sikap, ‘klinik’ membuat surat lamaran kerja, dan persiapan menghadapi psikotes.

“Angka (penerimaan tenaga kerja) mungkin bertambah, tergantung kebutuhan perusahaan dan kesiapan pencari kerja,” ujar Poppy. “Peluang memperoleh pekerjaan cukup besar karena dalam event ini, pencari kerja dan pihak perusahaan akan berjumpa langsung. Ada 200 lowongan di PLN, lowongan pekerjaan untuk menjadi pramugari haji, dan banyak lagi,” tambah Direktur Biro Psikologi Psikodinamika ini.

Rutin digelar
Job Fair itu sendiri merupakan rangkaian dari acara Aceh Bussiness International Summit 2010. Kepala Badan Investasi dan Promosi (Bainprom) Aceh, Anwar Muhammad, selaku Ketua Pelaksana Aceh Summit 2010 secara terpisah menjelaskan, bursa kerja ini merupakan yang pertama sekali digelar di Aceh. 

“Untuk Aceh ini yang pertama. Kalau di daerah lain sudah sering. Jika berhasil, job fair ini akan rutin kita gelar setiap tahun,” kata Anwar. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh agar memanfaatkan forum bursa kerja tersebut, dan kepada dunia usaha diharapkannya dapat memanfaatkan forum dimaksud untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja.

Selain bursa tenaga kerja, di hari yang sama juga akan dilaksanakan kegiatan entrepreuneur expo. Poppy menjelaskan, dalam acara tersebut, panitia akan memberi gambaran seputar dunia usaha untuk para calon pengusaha. 

“Jiwa entrepreuneur akan kami kembalikan sebagaimana saudagar-saudagar Aceh dulu, dengan memotivasi peserta untuk  menembus dunia usaha yang semakin kompetitif,” ujar Poppy.

Di samping itu kata Anwar, dalam kegiatan entrepreuneur expo, panitia juga akan mempertemukan pihak dunia usaha dengan kalangan perbankan. “Selama ini masyarakat tidak tahu kalau di perbankan ada paket-paket pemberdayaaan ekonomi. Nah dalam pertemuan nantinya masyarakat bisa tahu,” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar