Minggu, 28 November 2010

Mahasiswa teknik Unsyiah melakukan pawai keliling Kota Banda Aceh menggunakan Truck trailer usai diwisuda melintas di depan Masjid Raya Baiturrahman

Mahasiswa teknik Unsyiah melakukan pawai keliling Kota Banda Aceh menggunakan Truck trailer usai diwisuda melintas di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (27/11).SERAMBI/BUDI FATRIA
BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof Dr Darni M Daud MA, mengingatkan para sarjana yang sudah menyelesaikan kuliahnya, agar tidak menjadi penambah angka pengangguran sehingga makin membebankan pemerintah dan masyarakat.

“Kami mengharapkan keberadaan para sarjana di masyarakat bukan menjadi penambah angka pengangguran,” katanya pada kegiatan wisuda 1.111 lulusan S1,S2 dan pendidikan profesi Unsyiah di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Sabtu (27/11).

Menurutnya, banyak orang berpendidikan tinggi saat ini menjadi pengangguran di Indonesia, sehingga menambah beban bagi pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. Menurut Darni, pengangguran terjadi karena berbagai faktor, di antaranya karena tidak memiliki soft skill dan jiwa kewirausahaan yang mandiri.

Darni menyebutkan jumlah pengangguran berpendidikan tinggi, baik lulusan diploma atau sarjana terus meningkat, di mana pada 2009 lalu tercatat ada sekitar 1.115.020 orang. “Berdasarkan data BPS 2010, dari dari 8,59 persen atau sekitar 19 juta jiwa penduduk Indonesia yang menganggur, 15,7 persen lulusan diploma dan 14,2 persen sarjana,” ujarnya.

Menurut Darni, ada dua alasan umum penyebab lulusan Perguruan Tinggi menjadi pengangguran. Pertama, menganggur karena terpaksa, yakni menginginkan pekerjaan dengan upah berlaku, tetapi pekerjaan diharapkan tidak kunjung ada. Kedua menganggur karena kalah dalam persaingan dibursa kerja, akibat ketiadaan skill dan ketrampilan.

Lulusan terbanyak
Lulusan Unsyiah kali ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah Universitas itu, menyusul lulusan terbanyak kedua pada wisuda Februari 2010 yang berjumlah 1.011 orang. “Hal ini adalah dampak dari semakin besarnya daya tampung calon mahasiswa Unsyiah dari tahun ke tahun,” tambah Darni.

Mereka yang diwisuda kali ini terdiri atas 141 Pascasarjana, 41 Dokter Umum, 31 Pendidikan Keperawatan, 26 Dokter Hewan, 18 Pendidikan Profesi Akuntansi, dan 854 Sarjana. Wisudawan yang dinyatakan lulus cum laude (pujian) adalah 12 orang lulusan Parcasarjana, dan 49 lulusan Sarjana.

Berdasarkan rata-rata masa studi, lulusan Pascasarjana adalah dua tahun tiga bulan, Dokter Umum dua tahun tiga bulan, Keperawatan satu tahun empat bulan, Dokter Hewan satu tahun enam bulan, Profesi Akuntansi satu tahun, dan Sarjana (S1) lima tahun dua bulan.(ant/jal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar